10 Keuntungan Dari Point Of Sale Bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Mencatat setiap aktivitas transaksi sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik bisnis. Kabar gembiranya, kini telah hadir sistem POS atau lebih dikenal sebagai point of sale yang sangat membantu dalam proses penghitungan akuntansi. Tidak perlu ragu menggunakannya, berikut adalah berbagai keuntungan dari point of sale yang bisa Anda peroleh. 

Dok : Olsera/Armenti

Keuntungan Menggunakan Sistem POS

1. Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

Mampu meningkatkan kepercayaan para pelanggan dari berbagai sudut pandang, adalah salah satu keuntungan dari sistem POS. Pasalnya para pelanggan tidak perlu menghabiskan waktunya hanya untuk menghafal sejumlah produk beserta harganya, atau memasukkan data sebagaimana yang dilakukan oleh petugas kasir pada umumnya. 

Semua pekerjaan tersebut terasa lebih mudah jika Anda beralih menggunakan sistem POS. Karena saat ini pelanggan hanya perlu melakukan scanner saja untuk mempercepat proses transaksi. Lewat sistem canggih ini pula, perusahaan dapat mengenali pelanggannya lebih baik dibandingkan sebelumnya. Tidak heran jika pelaku bisnis mulai beralih menggunakan sistem satu ini. 

2. Manajemen Stok 

Sudah menjadi tugas utama bagi pebisnis untuk melakukan cek stok secara berkala. Hanya saja cara manajemen tradisional dianggap kurang efektif, karena Anda harus meluangkan waktu dan tenaga untuk melakukan pencatatan sekaligus memastikan tidak ada yang luput dari perhatian. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengandalkan aplikasi POS sebagai alternatifnya. 

Keuntungan dari point of sale adalah membantu memindai semua stok pada saat proses masuk dan pengiriman. Proses pencatatan data melalui database digital, sehingga para pemilik bisnis dapat meninjau setiap aktivitas tersebut secara keseluruhan tanpa perlu membuang waktu. Hasil pencatatan terbilang cukup akurat sehingga Anda bisa mengandalkannya. 

3. Lebih Efisien 

Para pelaku bisnis tentu memahami bahwa bekerja secara efisien merupakan kunci untuk memaksimalkan keuntungan. Semakin banyak proses transaksi yang bisa dilakukan, tentu saja proses inputnya harus lebih cepat. Semua pekerjaan tersebut tidak akan pernah terasa mudah tanpa bantuan dari aplikasi POS. Berkat aplikasi canggih ini, semua aktivitas terasa lebih efisien. 

Dikatakan lebih efisien, karena setiap aktivitas akan dilakukan secara otomatis dalam waktu singkat. Dengan kata lain, aplikasi ini dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan para karyawan. Bagi perusahaan, keuntungan dari point of sale adalah peningkatan omset cukup pesat dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan. Sedangkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh karyawan yaitu kemudahan setiap proses transaksi. 

4. Mengurangi Resiko Kesalahan Input 

Aplikasi POS bisa digambarkan sebagai sebuah kasir pintar, karena sistem canggih ini dapat menekan resiko kesalahan input data dan berbagai aktivitas akuntansi lainya. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan mesin kasir biasa, yang seringkali terjadi kesalahan input yang berhasil membuat para pebisnis sakit kepala dibuatnya. 

Pasalnya kesalahan yang dilakukan oleh mesin kasir biasa tentu sangat sulit diperbaiki, berbeda cerita dengan POS. Berkat aplikasi canggih ini, kesalahan input atau kehilangan data penting dapat ditekan dengan baik. Apabila ditemukan sebuah kesalahan, Anda  bisa memperbaikinya dalam waktu singkat dan semua permasalahan sudah teratasi sempurna. 

5. Harga Konsisten 

Apakah Anda tengah mengoperasikan bisnis dalam skala besar yang tersebar di berbagai daerah ? Tentu saja hal ini bukanlah pekerjaan ringan, karena Anda dituntut untuk menjaga konsistensi penawaran harga untuk keseluruhan outlet. Kondisi ini juga berpengaruh pada kepercayaan pelanggan, sehingga diperlukan ketelitian dalam melakukannya untuk menekan resiko kesalahan. 

Tetapi kekhawatiran tersebut akan sirna ketika menggunakan aplikasi POS. Berkat adanya aplikasi canggih ini, Anda bisa mengubah harga suatu produk dan berbagai aktivitas lainnya yang masih berkaitan dengan layanan pelanggan. Tentu saja keuntungan dari point of sale ini tidak akan ditemukan pada sistem pembayaran tradisional. 

6. Pembayaran Lebih Luas

Aplikasi berbasis POS juga menyediakan aneka jenis pembayaran termasuk NFC (Near Communication), mobile wallet, hingga kartu EMV. Hal ini didasari dengan munculnya berbagai jenis pembayaran di tengah era modern ini. Banyaknya jenis pembayaran yang tersedia akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pelanggan. 

Dewasa ini, masyarakat lebih senang melakukan pembayaran dengan mengandalkan kartu debit karena dianggap lebih mudah dan cepat. Tanpa membawa sejumlah uang cash, para pelanggan sudah bisa melakukan serangkaian proses akuntansi dengan mudah. Mampu menghadirkan keuntungan berlipat dari kedua belah pihak, inilah alasan pebisnis mulai beralih menggunakan POS. 

7. Penggunaan Lebih Mudah 

Perkembangan teknologi berhasil membuka mata masyarakat untuk beralih menggunakan mesin canggih dibandingkan dengan teknologi analog. Semuanya serba digital, menandakan bahwa teknologi modern lebih diminati karena lebih memudahkan pekerjaan manusia. Hanya dalam beberapa langkah saja, aplikasi ini sudah melakukan input data secara akurat. 

Dengan kata lain, aplikasi canggih ini termasuk salah satu indikator untuk meningkatkan bisnis Anda. Sistem POS  cukup sederhana, sehingga para pegawai bisa menggunakannya dengan mudah sekaligus sebagai media untuk belajar. Banyaknya keuntungan dari point of sale, inilah mengapa pelaku bisnis harus beralih menggunakannya. 

8. Membantu Melacak Karyawan 

Hal yang wajar jika para pelaku bisnis merasa was was terhadap kinerja para karyawannya, mengingat dirinya tidak bisa selalu hadir di tempat kerja karena disibukkan dengan aktivitas di luar. Rasa cemas semakin menghantui ketika Anda baru saja mempekerjakan karyawan baru, yang notabene masih belum mengenal kepribadiannya. 

Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengandalkan aplikasi canggih berbasis POS. Berkat aplikasi tersebut, seluruh kinerja karyawan dapat dipantau dari jarak jauh sekalipun. Sebab semua input data akan diupload otomatis menuju cloud yang terhubung menuju aplikasi milik owner. Sehingga Anda bisa memantau setiap pekerjaan tanpa harus hadir di tempat. 

9. Data Tersaji Secara Akurat 

Keuntungan lain dari menggunakan aplikasi berbasis POS adalah penerimaan data lebih rinci. Mulai dari harga setiap produk yang dibeli, item, hingga kupon telah tersajikan lengkap tanpa ada yang terlewat. Sehingga pelanggan tidak hanya menerima selembar kertas berisikan tanggal dan jumlah penjualan semata.  

10. Hasil Lebih Akurat

Aplikasi berbasis POS hadir dengan layar sentuh, dimana para karyawan akan menempatkan berbagai informasi terkait proses akuntansi melalui ujung jari saja. Kecanggihan aplikasi tersebut memudahkan kinerja para karyawan, karena mereka tidak perlu bersusah payah memasukkan item beserta harga secara manual. 

Secara tidak langsung, aplikasi ini mampu meningkatkan akurasi operasional di setiap aktivitas transaksi secara real time. Dengan kata lain, keuntungan point of sale adalah hasil penghitungan lebih akurat dikarenakan proses mengunggah serta input data telah dilakukan secara digital. Alhasil kesalahan input data dapat diminimalisir dengan baik tanpa ditemukan hambatan. 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan sistem POS. Tidak hanya dibutuhkan pada bagian kasir saja, sebab sistem ini juga membantu berbagai aktivitas akuntansi lainnya. Banyak keuntungan yang didapatkan, tampaknya kini saat yang tepat untuk beralih menggunakan sistem POS dan tinggalkan sistem cash register tradisional. 

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim