@Pashaaldo Blog

Blog Personal yang memuat Artikel Pribadi, VLOG, Gaming, Kuliner Kota Batam, Wisata, Traveling, Tutorial, Youtube dan Hal Menarik Lainnnya.

Selasa, 28 Agustus 2018

Review - Perbandingan Pawoon vs Moka Pos vs Olsera POS



Hi para pelaku UKM atau pemiliki usaha di Indonesia, khususnya bidang ritel, restoran FnB, butik, salon/barbershop dan lainnya.

Tentu kalian tidak asing dengan teknologi Point of Sale atau aplikasi kasir yang telah berkembang belakangan, dimana secara pasti perlahan menggeser eksistensi dari sistem cash register yang telah ada sebelumnya.

Perkembangan teknologi informasi serta dukungan infrastruktur internet kini telah banyak mempermudah kehidupan tidak terkecuali dunia usaha. Para pelaku usaha kini dapat memantau operasional dan penjualan dari outlet-outlet toko mereka dalam satu akun tanpa perlu berada di toko terus-menerus. Teknologi semacam ini dilabel sebagai “cloud point of sale”. Yah, maaf, jika Anda belum tahu, berarti Anda agak ketinggalan teknologi. Karena dengan teknologi sekarang, kita sebagai Owner bisa memantau penjualan hanya dari rumah kita, tanpa harus mengunjungi usaha kita setiap harinya.

Nah bicara lebih jauh, di kancah tanah air kini sedang popular beberapa brand Point of Sale atau Software Kasir seperti Moka, Olsera, Pawoon, Loyverse hingga Nadipos.

Atas pertanyaan bertubi-tubi dari sahabat-sahabat pengusaha zaman now yang ingin tahu perbedaan-perbedaan dan keunggulan dari setiap merk di atas, penulis mencoba untuk mengumpulkan informasi dari sumber-sumber sah (apalagi kalau bukan website mereka masing-masing). Namun atas keterbatasan waktu, penulis hanya mengangkat 3 brand yang popular, bertajuk Perbandingan Pawoon vs Moka vs Olsera. Ketiga brand ini bisa dibilang paling terbesar dan sering dikait-kaitkan karena memiliki sejumlah kesamaan dan perbedaan, ciaaaahhh, memang begitu toh.

Sejarah Mokapos, Pawoon dan Olsera

Nah, bicara sejarah, ternyata ketiga brand Point of Sale di atas tergolong masih sangat muda. Wajar saja, kan memang teknologi baru. Mokapos dan Pawoon berdiri pada tahun 2014, sedangkan Olsera lebih muda karena lahir di 2015.

Perbedaan mencolok Moka Pos vs Pawoon vs Olsera

Ada perbedaan yang sangat mencolok, dimana mudah untuk diingat dari ketiga brand ini. Jika bicara Pawoon, maka Anda akan mengerti bahwa teknologi mereka fokus di perangkat dengan operasi sistem Android saja. Mokapos sendiri, awalnya fokus di perangkat high end iOS (iPad), namun informasi belakangan juga mengabarkan sudah mendukung tablet Android. Sedangkan junior Olsera, mendukung operasi di perangkat Android, iOS dan juga Windows alias PC Komputer.
Hmm… Anda prefer perangkat mana, silahkan sesuaikan sendiri.
Kalau dilihat sih Olsera unggul karena support disemua Device ya?

Harga Moka vs Pawoon vs Olsera

Sesuai informasi dari masing-masing website mereka, penulis mendapatkan harga Mokapos ditawarkan dengan pilihan Rp 250,000 per bulan atau Rp 2,100,000 per tahun, Pawoon Rp 249,000 per bulan atau dan Olsera Rp 198,000 per bulan atau Rp 1,498,000 per tahun.
Hmm dilihat dari harganya ada yang selisih cukup menarik ya, hhhee..
Namun tunggu dulu, berikutnya kita perlu melihat ke fitur.

Fitur Mokapos vs Pawoon vs Olsera

Nah, kalau bicara ini ternyata banyak sekali fitur-fitur yang kalau diurutkan, bakal panjang neh blog.
Jadi penulis memilih untuk fokus untuk mengintip perbedaan fitur-fitur nya saja, karena fitur-fitur basic seperti kategori produk, diskon, CRM, tambah user, dsb sudah sangat umum dan pastinya sudah ada di masing-masing.

Untuk perbedaan lainnya, silakan mengacu pada table di bawah ini:
Note : Informasi table di atas dikumpulkan dari hasil research dan tanya jawab ke narasumber berkaitan. Perlu diingat bahwa setiap saat, mungkin saja ada pengembangan dari masing-masing penyedia layanan sehingga penulis tidak menganjurkan untuk mengikuti informasi di atas tanpa mengverifikasi terlebih dahulu ke masing-masing penyedia. 
Pada akhirnya, table di atas hanyalah rujukan awal. Namun agar dapat memberikan informasi termuktakhir, penulis mengundang para pembaca atau siapapun untuk mengoreksi, menambahkan informasi-informasi aktual yang lebih relevan jika ada.

Hardwares Moka Pos vs Pawoon vs Olsera

Penulis mengambil beberapa screenshot gambar dari website-website penyedia layanan untuk referensi.

Mokapos

Penulis mendapatkan Mokapos sangat identik dengan hardware laci uang plus printer di atas, dinamakan Star mPOP. Sangat stylish jika disandingkan dengan tablet maupun iPad. Untuk kisaran harga di Rp 6 juta, belum termasuk langganan sistem dari Mokapos. 
Menariknya, baik Pawoon dan Olsera juga mendukung perangkat serupa di atas.
Untuk model printer lain yang mendukung Mokapos adalah Star Micronics TSP654 dengan koneksi LAN dijual di 4,3 juta di Tokopedia.

Pawoon


Pawoon menawarkan bunding paket dengan pilihan sebagai berikut:
Tablet Android + Printer Bluetooth = 3,85 juta
Tablet Android + Printer + Cash Drawer = 5,95 juta
Tablet Android + mPOP (seperti Mokapos) = 8,85 juta
*Harga belum termasuk langganan POS

Olsera

Olsera memiliki beragam hardware untuk pilihan, sebagai berikut:
Sunmi V1 (Android 5.5 inch + Printer) = Rp 2,98 juta
Sunmi T1 Mini (Android 10 inch + Printer) = Rp 4,9 juta
Printer Bluetooth (jika pemilik usaha menggunakan tablet sendiri) = Rp 1,5 juta 
Printer Epson TM82 USB (untuk PC) = 2,7 juta 

Kesimpulan

Nah begitulah kira-kira informasi yang dirangkum oleh penulis untuk membantu para pembaca untuk menentukan kira-kira Point of Sale mana yang lebih cocok. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan, dan pada akhirnya, sesuaikan dengan kebutuhan adalah kunci terbaik.

Untuk masukan dan koreksi, silakan tinggalkan komentar Anda.

Olsera POS : http://bit.ly/olserapos
Pawoon : http://bit.ly/pawoonpos
MokaPOS : http://bit.ly/moka-pos

6 Komentar Review - Perbandingan Pawoon vs Moka Pos vs Olsera POS

  1. terimaksih..reviewnya bermanfaat..kayaknya bakal ke olsera nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Nukman, semoga Artikel Reviewnya bisa membantu untuk memilih POS yang terbaik untuk usahanya ^^ Bantu dishare ya..

      Hapus
  2. Laporannya lengkap dipawoon..jadi jangan hanya lengkap difitur saja tapi apa yg kita butuhkan tetpenuhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sharing dong bro, lebih lengkap pada bagian apa?

      Hapus
  3. yang aku pake sih pawoon. sejauh ini laporan backendya paling lengkap. keuangan, stock,management karyawan semua ada. dan buat ksir saya juga enak, lebih simpel dan kalo transaksi lebih cepat jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sharingnya, ada hal yang perlu di Koreksi diatas?

      Hapus

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Back To Top