Puncak Kosakora Gunung Kidul, Tempat Hits di Jogja

Puncak Kosakora adalah salah satu tempat wisata di Jogja  tepatnya di Gunung Kidul, di puncak kosakora memberikan panorama pantai yang indah yang dilihat dari puncak kosakora, dan menjadi tempat hits di Jogja  yang popular di kalangan anak remaja.

Gunung Kidul memang memiliki banyak sekali tempat berwisata yang sangat menawan. Banyak pantai eksotis yang sangat berjejer rapi, Serta tempat-tempat wisata yang baru yang hits di kalangan remaja. Tidak hanya menjadi tempat anak muda untuk memburu momen mereka diabadikan, juga menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau.

Source: GoogleMaps/Nurul Afifatur Rohmah

Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta ini menjadi bahan perbincangan di berbagai social media yang memberikan pemandangan alam yang luar biasa di puncak.  Tempat ini dulu sangat sepi sekarang di kosakora menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi. Karena dari puncak kosakora pengunjung akan disuguhkan pemandangan birunya pantai lautan selatan.

Puncak Kosakora berada pada Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, di Provinsi Yogyakarta. Untuk berangkat ke lokasi ini, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 65 kilometer dari pusat Kota Jogja  atau sekitar 2 jam perjalanan. Dan lokasinya juga dapat ditempuh dari Pantai Drini dan Pantai Ngrumput.

Dan untuk menuju puncak, pengunjung harus berjalan cukup jauh. Jika kamu melalui jalur dari pantai drini, pengunjung harus berjalan di pinggir pinggir pantai dan melawari bukit bebatuan, melalui jalur ini kamu harus melalui jalan setapak dikelilingi sawah warga local serta rumut hijau.

Dalam perjalanan menuju puncak wisata akan diberi pendangan nan hijau disekitar yang Nampak sangat asri jauh dari hiruk pikuk polusi kota. Dan ditemani dengan sejuknya udara membuat perjalanan yang akan sangat mengasikkan. Perjalanan yang melelakan ini akan terbayar saat kamu sampai di atas puncak. Perasaan Lelah akan diganti dengan hamparan lautan luas, dan hembusan angin yang berhembus.

Asal Usul Puncak Kosakora

Wisata puncak kosakakora menawarkan panorama alam yang indah di puncak bukit kosakora yang memiliki tinggi 50 meter dari bawah laut sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.  Dan entah nama kosakora berasal dari mana, namun ketika ada pengunjung yang data dilokasi dan menemukan sebuah tiang bendera Indonesia dengan papan bertuliskan puncak kosakora pada tiangnya.

Dan ternyata warga didaerah setempat memiliki kepercayaan yang secara turun temurun . kawasan kosakora juga disebut sebagai lemah sangar. Bahwa adanya sebuah larangan untuk membangun bangunan di bukit ini. Sampai saat ini di puncak kosakora kamu tidak menemui bangunan di lokasi ini. Dan hanya ditumbuhi rerumputan saja.

Awal puncak kosakora popular berawal ketika seorang backpacker yang tidak sengaja singgah di lokasi ini. Pemandangan indah di puncak kosakora ini kemudian diabadikan dan di unggah ke media sosial. Berawal dari hal ini, sedikit demi sedikit orang mulai berdatangan ke puncak kosakora Karena rasa penasaran akan indahnya puncak kosakora.

Pemandangan Indah Puncak Kosakora

Ketika sampai di puncak kosakora, wisatawan akan disuguhkan pemandangan pesona lautan lepas Samudra hindia yang terkenal dengan ombak yang gana. Dan sejauh mata kamu memandang, kamu akan melihat indahnya alam pesisir selatan Jogja  yang sangat memukau. Laut biu seakan bersatu dengan awan sehingga telihat pemandangan yang eksotis membuat puncak kosakora sangat kami sarankan untuk kamu dating kesini.

Source: GoogleMaps/Cwng Emrl

Pada puncak ini akan berbatasan dengan lautan dan tebing karang yang cukup menyeramkan. Sehingga untuk kamu yang berkunjung disini harus tetap waspada untuk menjaga keselamatan kamu. Dan juga wisatawan kamu bisa melihat pantai-pantai pesisir selatan seperti pantai drini dan pantai ngrumput.

Pada Puncak Kosakara kamu juga bisa melihat indahnya fenomena sunset dan sunrise. Banyak sekali para pengunjung yang datang sangat pagi hari serta sore hari untuk bisa menikmati indahnya langit waktu matahari terbit dan tenggelam. Ketika matahari terbit, ada pemandangan alam luar biasa. Suasana sejuk dan dingin saat malam hari ini dari hembusan angin laut dan akan berubah menjadi terasa hangat saat matahari mulai menampakkan wujudnya.

saat sunset dikosakora juga tak kalah indahnya dengan sunrise, akan tercipta suasana yang romantis dan sangat pas di nikmati dengan pasangan kamu. Dan buat kamu yang ingin merasakan udara dinginnya kosakora atau menginap, kamu juga dapat membangun tenda di Puncak Kosakora. ada padang rumput yang luas untuk anda mendirikan tenda disini.
Baca Juga: Kalibiru Wisata Jogja Bernuansa Alam Yang Sangat Menantang

Kamu tidak usah repot membawa tenda sendiri, Karena di puncak kosakora sudah ada persewaan tenda yang bisa digunakan untuk bermalam dan sangat disarankan untuk tidak membakar api unggun, Karena dapat merusak rerumputan nan indah dipuncak kosakora.

Fasilitas Wisata Puncak kosakora

Beberapa fasilitas yang ditawarkan yang ada di puncak kosakora walaupun masih sangat minim. Karena belum adanya campur tangan dari pemerintahan, hanya beberapa warung sederhana yang menawarkan berbagai makanan dan minuman untuk pengunjung

Jalur menuju puncak kosakora juga masih cukup sulit untuk dilalui. Hanya ada jalan setapak yang bisa dilalui oleh pengunjung disini. Tempat ini memang perlu melakukan pengelolaan yang lebih dan penyediaan fasilitas untuk mengembangkan puncak kosakora. Karena potensi wisata di kosakora yang bisa menggerakkan perekonomian warga disekitar kosakora.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Untuk masuk ke kawasan puncak, pengunjung perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 2.000, dan sedangkan untuk kendaraan pengunjung dapat diparkirkan pada Pantai Drini. Dan juga jika kamu ingin menyewa tenda, kamu dikenakan biaya sewa sebesar Rp. 60.000 untuk tenda berukuran kecil, dan Rp. 100.000 untuk ukuran tenda besar.

Demikianah tadi tentang Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta. Buat kamu yang suka melihat hal baru, ada baiknya kamu mencoba untuk wisata ceria ke puncak kosakora. Semoga bermanfaat, dan Happy travelling!!. 


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim