Kalibiru Wisata Jogja Bernuansa Alam Yang Sangat Menantang

Wisata Jogja tidak hanya wisata budaya atau pantai Parangtritis. Kulon Progo daerah yang tak boleh anda lupakan dan lewatkan karena mempunyai tempat rekreasi bernuansa alam, yakni kawasan Wisata Alam Kalibiru Jogja. Boleh jadi wisatawan tak pernah mendengar destinasi wisata Jogja yang satu ini. Lokasi wisata baru ini menawarkan sesuatu yang berbeda dan menantang nyali. Itu adalah duduk-duduk di atas pohon yang tumbuh persis di tepi jurang yang sangat dalam!

Google Maps/Sigit Nugroho

Rekreasi alam yang satu ini terletak di desa Kokap kabupaten Kulonprogo sekitar 40 km ke arah barata dari kota Yogya. Wilayah ini tadinya merupakan hutan tanaman industri yang kemudian beralih ke hutan lindung. Wisata Kalibiru berada di atas Waduk Sermo sehingga untuk ke sana pengunjung bisa mengambil jalan ke Waduk Sermo kemudian ikuti petunjuk yang tersedia. Jalannya cukup mulus akan tetapi relatif sempit dengan tanjakan, turunan sekaligus tikungan. Untuk itu pastikan kendaraan yang akan digunakan ke sana harus betul-betul oke. Begitupun pengemudinya harus sangat berpengalaman karena medan yang memerlukan keahlian mengemudi.

Masuk Waduk Sermo wisatawan dipungut tiket masuk Rp.3 ribu, begitupun saat masuk ke Kalibiru dikenakan Rp.3 ribu lagi. Setelah mencapai ketinggian tertentu maka terlihatlah panorama yang sungguh mempesona keindahannya. Deretan pegunungan seribu dimana Waduk Sermo berada di tengah-tengahnya membuat mata dan hati terasa teduh. Panorama tersebut seolah-olah menghipnotis wisatawan yang melihatnya. Lingkungan asri dan hawa sejuknya kian membuat para pengunjung kerasan berlama-lama di tempat tinggi ini.

Tak  cuma itu, wisata Jogja Kalibiru pun menghadirkan paket unik yang sekaligus bisa untuk uji nyali yaitu duduk-duduk di atas panggung kayu yang menempel di atas pohon yang tumbuh persis di tepi jurang. Pengunjung cukup membayar Rp.10 ribu untuk berfoto di atasnya selama sekitar 5 menit. Pengunjung tak perlu khawatir sebab setiap yang naik ke panggung kayu itu sudah dilengkapi tali pengaman dengan pemandu yang mendampingi.

Kecuali itu disediakan pula paket outbound lengkap seharga Rp.30 ribu berupa meniti tali, flying fox di atas jurang, jaring-jaring dan meniti jembatan. Pengunjung pun bisa berfoto di atas flying fox saat sedang berada di atas jurang, tentu sangat menarik. Fasilitas penunjang di Kalibiru termasuk sudah memadai termasuk tersedianya bangunan untuk pertemuan, tempat sholat, dan saran penunjang lain. Tak salah jika lokasi ini dipilih untuk acara pertemuan, rapat ataupun kegiatan outbound sebab memang udaranya yang begitu sejuk.

Puncak Kalibiru pun tersedia menara pandang serta fly over yang dapat dimanfaatkan para pengunjung memandangi keindahan Waduk Sermo dengan hiasan pohon-pohon menghijau di tepiannya. Sungguh Wisata Alam Kalibiru Jogja yang tiada duanya. Siapkan stamina tubuh anda saat akan ke sana dan jangan lupa cek kesiapan kendaraan untuk medan yang cukup ekstrim. Selamat berwisata!


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim