Belajar Bahasa Inggris Untuk Milenial : Musik Sebagai Alternatif Bahan Ajar

Murid anda bosan belajar bahasa Inggris dari buku dan tema yang itu itu saja? Jika iya, maka anda sekali kali bisa menggunakan lagu berbahasa Inggris untuk Belajar bahasa Inggris anda. Dengan demikian murid anda tidak akan bosan dan kembali bersemangat belajar bahasa Inggris dengan anda. Artikel ini akan membahas mengenai mengapa musik menjadi salah satu cara alternatif belajar bahasa Inggris dan rekomendasi lagu lagu yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran bahasa Inggris. 

Alasan memakai musik sebagai bahan belajar bahasa Inggris

1. Belajar sambil bernyanyi adalah hal yang menyenangkan

Terlepas dari berapapun usia anda dan level kemampuan bahasa Inggris yang anda miliki, belajar sambil bernyanyi pasti masih menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain dapat menerima kosa kata baru, belajar sambil bernyanyi juga dapat melepaskan emosi anda. 

2. Lirik lagu lebih mudah dihafal daripada isi buku

Banyak penelitian mengatakan bahwa dengan bantuan nada dan irama, kata kata dapat lebih mudah diingat daripada jika tidak menggunakan kedua hal tersebut. Coba anda ingat ingat apakah pernyataan ini benar untuk anda aau tidak. 

3. Lirik lagu pada umumnya menggunakan bahasa Inggris sehari hari dan diulang ulang

Meskipun anda tetap harus belajar grammar untuk keahlian menulis dalam bahasa Inggris, anda bisa sedikit melupakan grammar tersebut ketika anda belajar bahasa Inggris melalui lagu. Sebab lagu lagu berbahasa Inggris umumnya menggunakan bahasa percakapan sehari hari dan bukan bahasa Inggris untuk menulis. Oleh karena itu juga anda juga perlu hati hati menggunakan kosa kata bahasa Inggris yang anda dapatkan dari lagu. Karena bisa jadi kata kata tersebut adalah idiom atau kata kata slang yang memang hanya digunakan untuk percakapan sehari hari dan tidak untuk penulisan dokumen resmi. Selain itu biasanya lirik lagu tersebut juga sering diulang ulang sehingga akan mudah bagi anda untuk mengingatnya. 

4. Belajar bahasa Inggris melalui lagu dapat membiasakan anda mendengarkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari

Untuk mahir dalam menggunakan sebuah bahasa, anda perlu membiasakan diri mendengar dan menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari hari. Karena mendengarkan musik adalah sebuah kegiatan yang mudah untuk dibiasakan, maka mendengarkan musik dalam bahasa Inggris juga menjadi hal yang mudah. Kegiatan mendengarkan lagu bahasa Inggris ini dapat melatih Listening Skill sekaligus Pronunciation Skill anda.


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim