Kunjungi 5 Lokasi Wisata Menarik di Baturaden, Dijamin Akan Jadi Liburan Paling Asyik Dihidupmu

Semarang dan Yogyakarta merupakan dua kota yang cukup populer dikalangan wisatawan sebagai destinasi objek wisata favorit di Jawa Tengah. Kedua kota ini lekat dengan objek wisata budaya dan tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Namun, selain dengan dua kota tersebut, Jawa Tengah ternyata juga memiliki tempat wisata lainnya yang menarik untuk Anda kunjungi, yakni baturaden. 

Baturaden ini adalah salah satu dari 27 kabupaten di Banyumas. Selain itu, baturaden ini merupakan sebuah resort wisata yang tengah menawarkan panorama ar terjun, perahu dayung, kolam renang, dan mini train. Nama baturaden sendiri diambil dari sebuah legenda mengenai sepasang kekasih yang bernasip sial, seorang pria pelayan (Batur) dan seorang wanita bangsawan (Raden).

Lokasi Menuju Objek Wisata Baturaden

Untuk bisa menuju objek wisata baturaden yang ada di sebelah selatan lerang gunung slamet tepatnya di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dengan ketinggian sekitar 640 meter dari atas permukaan laut, yang berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak gunung slamet, bisa Anda tempuh skeitar 14 kilometer dari utara pusat kota Purwaokerto.


Lokasi Menarik Yang Ada di Objek Wisata Baturaden


Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

Pancuran pitu dan juga pancuran telu yang ada di objek wisata baturaden ini adalah sebuah pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini cukup dipercaya bisa membantu dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Suhu air yang ada di pemandian ii berkisar antara 60 hingga 70 derajat celcius. Kedua pancuran tersebut merupakan salah satu tempat wisata paling difavoritkan dan paling populer di baturaden. Selain bisa berendam di air panas sembari menikmati pemandangan pegunungan yang hijau, di sini Anda juga dapat mencoba pijat sulfur dengan harga sekitar Rp 7.500,00 untuk setiap 15 menitnya.

Telaga Sunyi

Telaga sunyi yang ada di pusat objek wisata baturaden merupakan sebuah mata air yang cukup jernih, air di sini juga sangat segar dan dingin. Namun sayangnya, bila Anda berkunjung ke telaga tersebut, Anda dilarang untuk mandi atau berenang. Larangan ini telah diberlakukan sebagai wujud menjala keselamatan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Bumi Perkemahan

Selain dengan pemandian air panas da juga telaga, baturaden juga memiliki bumi perkemahan atau pun camping ground yang umumnya sering dipakai sebagai tempat untuk outbond. Di tahun 2001 lalu, camping ground ini pernah dijadikan sebagai lokasi jambore nasional gerakan pramuka.

Kaloka Widya Mandala

Kaloka widya mandala ini adalah kebun binatang yang juga dipakai sebagai tempat wisata dukasi. Tempat ini telah diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyimas, yakni H. Djoko Sudantoko di tangga 17 Mei 1995. Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis spesies binatang asal dalam maupun luar negeri, seperti orang utan, ayam kate, rusa, buaya, elang, gaja, monyet, ular, kaswari, kambing kaki tiga, sapi kaki lima, landak, kelelawar, dan beberapa satwa langka lainnya.

Teater Alam Baturaden

Teater alam ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling menarik di baturaden, sebab teater ini mrupakan bioskop yang dibuat mirip pesawat. Pesawat jenis foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri di atas lahan seluas 600 meter, tepat berada di samping pintu masuk tempat wisata baturaden. Bioskop di sini tidak manayangkan film Hollywood atau pun film layar lebar, melainkan fil mengenai alam serta budaya tanah air Indonesia, seperti dengan film tragedi tsunami, peristiwa gunung merapi, atau cerita budaya. Durasi fil yang ada di teater ini sekitar 10 hingga 15 menit saja.

Teater alam ini ditujukan buat para pengunjung yang masih belum pernah naik pesawat agar dapat merasakan sensai naik pesawat terbang sembari menonton film di layar yang disediakan di dalam pesawat tersebut. Untuk dapat masuk ke teater ini Anda hanya perlu membayar tiket masuknya sebesar Rp 5.000,00 saja.

Itulah tadi 5 lokasi wisata menarik yang ada di baturaden. Semoga saja bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda dan keluarga.

Source Pic :
IG @mz.nan
IG @telagasunyibaturaden


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim