Simak Informasi Lengkap Mengenai Universiti Teknologi Malaysia Berikut Ini

Universiti Teknologi Malaysia atau yang biasa disingkat UTM merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Malaysia. Universiti ini dikenal atas inovasi, penelitian serta sumber daya manusia yang berkualitas.  

Kampus ini juga dilengkapi dengan fasilitas serta infrastruktur yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Di sini kamu tidak hanya belajar mengenai akademis saja namun juga bisa melakukan kegiatan non akademis. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai universiti satu ini.

Sejarah Singkat Mengenai UTM

Universiti Teknologi Malaysia berdiri sejak tahun 1904 sebagai sebuah sekolah teknik di Kuala Lumpur yang mengajarkan teknik terkait kereta api dan pekerjaan umum. Kemudian pada tahun 1941, Advisory Committee of Technical Schools memberikan rekomendasi agar sekolah tersebut meningkatkan statusnya menjadi perguruan tinggi.

Namun pembangunannya berhenti dikarenakan terjadi perang dunia II. Pada tahun awal berdirinya, perguruan tinggi ini hanya menyediakan program studi diploma untuk jurusan teknik sipil, teknik elektro dan radio, teknik mesin, arsitektur serta survei kualitas. 

Universitas ini baru menyediakan program studi sarjana pada tahun 1960 yang juga disertai dengan adanya peningkatan kualitas untuk pengujian calon lulusannya. Universitas ini menjadi lembaga yang berhasil berkembang secara struktural sejak tahun 1972.

Universiti Teknologi Malaysia dulu memiliki nama Institut Teknologi Malaysia kemudian diubah pada 1 April 1975. Namun, sebenarnya kampus ini telah mencapai taraf universitas pada 14 Maret 1972. Kampus ini sangat terkenal pada pengembangan bidang teknologi baik di dalam atau di luar negeri.

Bahkan UTM telah menempati posisi ke 7 di Asia Tenggara sebagai kampus yang berkualitas. Webometrics Ranking of World Universities menempatkan UTM pada posisi ke 4 di wilayah Asia Tenggara, dan menempati posisi atas di Malaysia. Sedangkan untuk peringkat universitas QS, UTM mendapatkan peringkat ke 164 untuk kategori universitas bidang mesin dan ilmu teknologi.

Lokasi Kampus UTM

Kampus utama Universiti Teknologi Malaysia berada di Jalan Imam, 81310 Skudai, Johor, Malaysia dengan luas sebesar 1.222 hektar. Sedangkan untuk kampus kedua berada di Jalan Sultan Yahya Petra, 54100 Kuala Lumpur, Malaysia dengan luas sebesar 18 hektar.

Fakultas Yang Tersedia

Ada banyak sekali Fakultas yang dapat kamu pilih untuk mahasiswa internasional. Terdapat sekitar total 11 fakultas di antaranya faculty of electrical engineering, faculty of bio science & medical engineering, faculty of chemical & energy engineering, faculty of mechanical engineering, faculty of civil engineering.

Bagi kamu yang tidak tertarik dengan jurusan teknik tenang saja karena di sini juga terdapat fakultas lain yaitu faculty of computing, faculty of geoinformation & real estate, faculty of science, faculty of environment, faculty of management, Malaysia-Japan institute of technology (KL campus).

Program Yang Tersedia

Universiti Teknologi Malaysia menawarkan berbagai program diantaranya program foundation, diploma, sarjana hingga doktor. Sebagai mahasiswa internasional, kamu dapat memilih program tersebut atau memilih Open Distance Program (ODP).

Fasilitas Yang Tersedia

Kampus utama Universiti Teknologi Malaysia yang berada di Johor Bahru memiliki 10 asrama yang bisa menampung lebih dari 14.774 siswa. Asrama tersebut juga bervariasi, terdiri dari dari single dan sharing yang dapat kamu pilih. 

Terdapat sekitar 301 unit dengan 2 kamar tidur dan 3 kamar tidur keluarga yang tersedia di universiti ini. Sebagian besar dari unit tersebut sudah memiliki yang lengkap seperti fasilitas internet yang dapat kamu gunakan untuk telepon dan mengakses fasilitas IT kampus.   

Selain itu juga disediakan beberapa fasilitas umum yang dapat kamu manfaatkan seperti kantin untuk istirahat dan makan, ruang serbaguna yang dapat kamu gunakan sebagai tempat rapat atau mengerjakan tugas, mushola, lapangan tenis, wifi area dan juga minimarket.

Sedangkan Universiti Teknologi Malaysia yang ada di Kuala Lumpur memiliki asrama yang dapat menampung sekitar 2.500 mahasiswa UTM baik sarjana atau pascasarjana. Fasilitas umum yang disediakan di kampus kedua ini juga cukup lengkap yaitu tersedia kantin, ruang serbaguna, ruang mushola dan wifi area. 

Selain itu, di kampus kedua ini juga menyediakan sekitar 40 kamar di Business and Advanced Technology Centre (BATC) yang terletak di dalam kampus, kamar tersebut sudah dilengkapi dengan AC dan juga fasilitas koneksi internet yang memadai.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan

1. Biaya Kuliah

Biaya kuliah yang harus kamu bayar tergantung dari fakultas dan jurusan yang dipilih. Semakin bagus fakultas dan jurusan yang kamu pilih, maka biaya kuliah yang harus kamu bayar juga semakin mahal. Namun, rata-rata biaya kuliah per tahun yang harus kamu bayar sekitar Rp. 221.623.029.

2. Biaya Asrama

Asrama yang disediakan oleh Universiti Teknologi Malaysia memberikan subsidi kepada para penggunanya. Untuk biaya yang harus kamu bayar saat menempati asrama dengan kapasitas 1 kamar untuk 1 orang sebesar Rp. 1.080.000. Sedangkan untuk asrama dengan kapasitas 1 kamar 2 orang sebesar Rp. 540.000.

3. Biaya Makan

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk makan tergantung dari tempat dan jenis makanan yang kamu pilih. Jika kamu makan di kampus biaya yang kamu keluarkan hanya sekitar Rp. 18.000 saja untuk sekali makan, sedangkan jika kamu memilih makan di luar kampus biaya yang harus kamu keluarkan sekitar Rp. 18.000 ke atas.

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi 

Persyaratan yang harus kamu penuhi untuk melakukan studi di Universiti Teknologi Malaysia diantaranya yaitu harus menyelesaikan sekolah menengah atas atau sederajat dengan rata-rata nilai raport sebesar 85. 

Kamu juga diharuskan untuk melakukan IELTS sesuai dengan program masing-masing dengan poin yang harus diperoleh yaitu 5.5-6.0. Bagi kamu yang mengambil jurusan arsitektur dan industrial design diharuskan lolos interview yang telah dijadwalkan. Syarat yang terakhir yaitu lolos ujian faculty bridging test.

Cara Pendaftaran

Hal pertama yang kamu lakukan adalah menentukan Jurusan yang kamu minati di Universiti Teknologi Malaysia. Setelah itu kamu harus melengkapi semua dokumen pendaftaran yang dibutuhkan seperti ijazah, raport dan lain sebagainya.

Setelah berkas yang dibutuhkan sudah siap, kamu dapat melakukan pengajuan pendaftaran ke universitas. Kemudian kamu akan mendapatkan conditional offer letter dan kamu harus melakukan persiapan untuk melaksanakan IELTS dan mengikut ujian IELTS secara resmi.

Jika kamu telah berhasil mengikuti ujian IELTS, langkah selanjutnya adalah melakukan submit ijazah IELTS yang resmi dan submit nilai raport SMA semester 6. Kamu juga diharuskan mengajukan permohonan visa approval letter.

Setelah mendapatkan VAL, selanjutnya kamu perlu mengajukan SEV untuk persiapan keberangkatan. Lakukan pemesanan asrama di Universiti Teknologi Malaysia sesuai dengan kebutuhan dan anggaran biayamu.

Sebelum melakukan keberangkatan pastikan berkas yang kamu butuhkan sudah lengkap dan siap. Selain itu, kamu juga harus melakukan keberangkatan sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh universitas.

Universiti Teknologi Malaysia merupakan pilihan unggul bagi kamu yang ingin mengembangkan keterampilan dan pengetahuan terutama pada bidang sains dan teknologi. Dengan fasilitas yang lengkap dan kualitas pendidikan yang baik, universitas ini menawarkan pengalaman pendidikan tinggi yang memiliki daya saing. 


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim