New Year - New Skill Dengan Ilmu Tentang Dan Cara Membuat Aplikasi Mobile

Tingginya angka penggunaan smartphone berjalan seiring dengan peningkatan jumlah aplikasi jenis mobile. Peranti lunak ini didesain khusus untuk memenuhi fungsi dari perangkat bergerak, seperti smartphone, tablet, atau smartwatch. Begitu digandrungi, tidak ada salahnya untuk belajar cara membuat aplikasi mobile. Tertarik mencoba? Simak ulasan berikut. 

Gambar oleh 200 Degrees dari Pixabay 

Mengenal Mobile Apps Dan Keutamaannya 

Kebutuhan gawai yang semakin meningkat memberi kesempatan kreator dan programer untuk menciptakan berbagai apps mobile. Software khusus untuk perangkat bergerak ini dirancang dengan bahasa pemrograman tertentu guna menunjang fungsional gawai. Lalu apa yang membuatnya semakin digandrungi?

Alasan utama datang dari kemudahan dan akses yang lebih simpel. Jika dibanding dengan aplikasi web atau desktop, Anda dapat mengakses app ini dimanapun dan kapanpun melalui gawai. Tidak sedikit pula yang bisa digunakan meski tanpa ada akses internet. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mendesain sedemikian rupa agar UI (user interface) dan UX (user experiece) lebih menarik. 

Kelebihan lain yang banyak dicari adalah fleksibilitas dan kecepatan penyebaran informasi. Anda bisa ikut kursus mobile app dan menggunakannya untuk perluasan market bisnis. Keunggulan akan kemudahan update, penyebaran info kepada klien, hingga customer service pun akan menunjang kebutuhan bisnis dan usaha yang dijalankan. 

Kategori Dan Jenis Aplikasi Mobile

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 

Lalu untuk apa aplikasi tersebut? Jika digali lebih dalam, Anda bisa dengan mudah download dan pasang mobile app di Android atau iOS. Saat dilihat dengan teliti, setiap aplikasi punya kategori tersendiri. Seperti aplikasi untuk komunikasi (whatsapp, line, dll), Pendidikan (rumus dan kamus), permainan, berita, sosial media, hingga aplikasi untuk konsul keuangan atau kesehatan. 

Toko aplikasi seperti app store atau play store pun tidak menutup akses bagi developer yang ingin berkarya. Karena itu tidak sedikit aplikasi mobile baru yang muncul dengan tujuan dan fungsi anyar. Termasuk untuk memasarkan suatu usaha atau bisnis yang dijalankan. Dengan belajar membuat aplikasi mobile, Anda pun bisa ikut terjun ke dunia digital modern tersebut. 

Mengkreasikan Ide Dengan Skill Mobile App Developer 

Jika melihat tingginya kebutuhan mobile app, tidak bisa dipungkiri jika peluang kerja sebagai app developer akan meroket. Bagi Anda yang tidak ingin kehilangan kesempatan, berbagai cara pun bisa digunakan untuk belajar cara membuat mobile app. Jika sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakan JDK atau Java development kit. 

Cara tersebut akan membawa Anda pada proyek pembuatan aplikasi mulai dari nol. Yang mana perlu pemahaman akan linear layout, relative layout, hingga struktur kode komponen di dalamnya. Alternatif cara lain datang dengan bantuan aplikasi splash screen, yang mana akan menggunakan code xml. Keduanya dinyatakan rumit, karena butuh ilmu coding. 

Lalu bagaimana dengan Anda yang awam akan coding? Solusinya bisa hadir dari software pembuatan mobile app, yang mana hanya butuh pilih konten tanpa kode. Tapi, ada baiknya untuk mengikuti kursus membuat Aplikasi Mobile demi hasil yang lebih optimal. Mulai dari tampilan aplikasi, kode, fitur keamanan, hingga tips dan trik sukses pun bisa Anda dapatkan dari kursus tersebut 

Pada dasarnya, perkembangan aplikasi jenis mobile ini berkaitan dengan perpindahan tren teknologi. Segala macam jenis gawai yang digandrungi membuka peluang untuk optimalisasi software aplikasi. Sehingga, tidak heran jika banyak bisnis yang mencoba market tersebut. Anda pun bisa belajar skill membuat aplikasi tersebut dan meraih untung di dunia yang serba modern.  

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim