10 Tempat Wisata di Kabupaten Batang Yang Eksotis dan Memukau

Kabupaten Batang merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, di timurnya berbatasan dengan Kabupaten Kendal, Kabupaten Banjarnegara di bagian selatan, dan dibagian barat ialah Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Nah selain prestasi dari pemimpin daerahnya yang keren, ternyata Batang juga punya tempat-tempat wisata yang tak kalah kerennya. Sudah saatnya Wovger memasukan Batang sebagai tempat tujuan wisata. 

Tempat wisata di kabupaten Batang, provinsi Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan tempat wisata menarik bersama dengan keluarga ataupun kerabat terdekat ialah seperti Agrowisata Salak Sodong, Curug Genting dan Curug Gombong. Kabupaten Batang ini lokasinya berbatasan dengan Kendal di sebelah timur, Banjarnegara di arah selatan, serta Pekalongan di bagian barat. 

Sebagian besar dari kawasan Kabupaten Batang ialah perbukitan dan pegunungan. Dataran rendah yang berada di sepanjang pantai utara tidak terlalu lebar. Untuk wilayah bagian selatannya ada Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya yaitu Gunung Prau yang memiliki ketinggian sekitar 2.570 meter Kabupaten Batang ini mempunyai wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam misalnya laut dan hutan , sehingga membuat Kabupaten Batang ini merupakan tempat yang sangat strategis untuk dikembangkan sebagai wilayah tempat wisata. 
Source : GoogleMaps/s_ wardi


10 Tempat Wisata di Kabupaten Batang Yang Sangat Mempesona

1. Tempat Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang

Sebab berbatasan langsung dengan pantai utara, tentu saja kabupaten Batang memiliki tempat wisata pantai yang apik. Bila ingin mengunjungi pantai di Batang, Kamu bisa menuju Pantai Sigandu. Tempat wisata Pantai Sigandu ini berada di desa Klidang Lor, dan ada di wilayah Batang bagian paling utara. Atau 2 km sebelah utara kota Batang. 

Selain pantai, didalam area sini juga terdapat taman safari. Berbagai macam fasilitas wisata dipantai ini juga cukup lengkap. Selain bisa menikmati suasana pantai yang bersih dan menyenangkan, Kamu juga bisa menikmati santapan laut yang nikmat di cafe-cafe sekitar pantai. Selain itu, buat Kamu yang suka olahraga motorcross juga disediakan sirkuitnya. 

2. Tempat Wisata Pantai Ujung Negoro Kabupaten Batang

Pantai ini berada di Ujungnegoro kecamatan Kandeman. Untuk menuju pantai ini, Kamu harus menempuh jarak sekitar 20 Km kesebelah timur laut dari Kota Batang. Di panti ini Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan tebing karang di tepi laut yang eksotis. Di sini aura-aura magisnya juga sangat kental. Persis di bibir pantai terdapat gua Aswotomo yang konon menurut legenda tembus hingga Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo. 

Selain itu juga terdapat sebuah pemakaman kecil peninggalan Syeikh Maulana Maghribi. Wah spooky yah. Tetapi jangan takut dulu, di sini Kamu tetap bisa bersenang-senang. Kamu bisa bermain air dipantai dan bisa memancing ikan. Selain itu Kamu juga bisa merasakan nikmatnya suasnaa bersampan. 

3. Tempat Wisata Pantai Celong Kabupaten Batang

Tempat wisata Pantai Celong berada di desa Mangunsari, kecamatan Banyuputih. Bila kita sering menggunakan kereta dari Jakarta menuju ke Semarang atau sebaliknya, pasti kita pernah melihat pantai yang satu ini. Tempat wisata Pantai Celong memang berada tidak jauh dari rel kereta api jalur utara. Jalan menuju ke pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang ditanami pohon randu yang merupakan bahan baku pembuat kapuk. 

4. Tempat Wisata Curug Genting Kabupaten Batang

Tempat wisata Curug Genting ini berlokasi di wilayah kecamatan Blado, yang berjarak kurang lebih 38 km ke arah selatan dari kota Batang. Tempat wisata Curug Genting Air terjun ini memiliki ketinggian 40 m dan dikelilingi hutan pinus di sekitarnya. Sungguh pemandangan yang eksotis. Lokasi wisata ini masih sangat alami. Di tempat wisata Curug Genting ini kamu bisa merasakan sejuknya air terjun dan teduhnya suasana hutan. 

5. Tempat Wisata Curug Gombong Kabupaten Batang

Lokasi curug ini berada di desa Gombong, tepatnya 6 km sebelah selatan kecamatan Subah. Air terjun ini masih belum dikelola secara serius. Pihak pemda belum bisa mengembangkan curug ini sebagai tempat wisata potensial, selain itu investor juga belum ada yang berani mengelola juga.

Tetapi disamping itu semua, keindahan curuh ini tidak terbantahkan. Air terjun ini memiliki ketinggian 13 m membelah batuan berlapis rata alami (batu rai). Disekitar kiri kanan air terjun ini, Kamu akan disuguhi tebing tinggi. Panorama keindahan alamnya masih sangat alami. Sungguh sangat menyenangkan bila menghabiskan waktu di sini. 

6. Tempat Wisata Curug Sijeglong Kabupaten Batang

Tempat wisata Curug Sijeglong barada di desa Margosono, kecamatan Tersono yang wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Kendal. Tempat wisata Curug ini terdiri dari 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan mempunyai kolam atau dalam bahasa setempat disebut dengan jeglong yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Hal inilah sebagai alasan mengapa tempat wisata air terjun ini disebut dengan nama Curug Sijeglong. 

7. Tempat Wisata Curug Sodong Kabupaten Batang

Tempat wisata Curug Sodong berada di desa Sodong, kecamatan Wonotunggal. Tempat wisata Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dan berada pada ketinggian sekitar 800 mdpl. Tempat wisata Curug Sodong bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih selama 1 jam dari kota Batang. 

8. Tempat Wisata Agrowisata Pagilaran Kabupaten Batang

Lokasi tempat wisata ini ada di desa Bawang kecamatan Blado, 40 Km arah selatan dari pusat kota Batang. Agrowisata ini dibangun diatas areal seluas 1.131,25 Ha. Sangat luas untuk Kamu yang ingin bersenang-senang dengan merasakan menyatu dengan alam. 

Di sini Kamu bisa melihat luasnya kebun teh dengan suasana yang sejuk. Selain itu, ada juga arena outbound yang bisa Kamu nikmati untuk menantang adrenalin. Tempat ini sering sekali digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan rapat-rapat, pertemuan, kursus dan pelatihan karena tersedianya Wisma, Ruang Rapat, Home Stay, dan Ruang Pertemuan. Sebuah fasilitas yang sangat lengkap untuk sebuah tempat wisata. 

9. Tempat Wisata Kolam Renang Bandar Kabupaten Batang

Jarang-jarang kan nemu kolam renang yang sumber airnya alami. Nah Kamu bisa menemukannya di sini nih. Tempat wisata Kolam renang Bandar ini barada di desa Wonokerto kecamatan Bandar Batang. Sumber airnya memang dari mata air alami dan kebersihannya sangat terjaga. Di sini Kamu bisa membawa anak-anak karena terdapat juga fasilitas kolam renang anak. Pokoknya menyenangkan lah. 

10. Tempat Wisata Telaga Dringo Kabupaten Batang

Tempat wisata Telaga Dringo atau Sidringo terletak di desa Mojotengah, kecamatan Reban yang wilayahnya berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara. Tempat wisata Telaga yang berada di perbukitan Dieng ini sering disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolonya Batang. Tempat wisata Telaga Dringo merupakan kawah bekas gunung yang pernah meletus pada tahun 1786. 

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim