Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Bondowoso Yang Paling Menarik

Bondowoso terkenal akan makanan khasnya yaitu tape manis. Perbedaan tape Bondowo menggunakan singkong berwarna kuning, teksturnya tetap padat/ keras tidak lembek meski begitu rasanya tetap manis. Penyajian tape Bondowos dibungkus dengan besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu). Untuk itu bila Kamu  berlibur ke Bondowoso tidak ada salahnya mencicipi Tape.

Bondowoso ialah kota kecil dengan kondisi geografis pegunungan, perbukitan, dan dataran rendah. Maka dari itu destinasi di Bondowoso yang paling menarik ialah wisata alam seperti telaga, air terjun, kawah, dan maih banyak yang lainnya. Baiklah berikut ini daftar tempat wisata di kabupaten Bondowoso yang berhasil Idnusantara rangkum sebagai tujuan belibur Kamu .

1. Tempat Wisata Air Terjun Tancak Kembar, Bondowoso

Source: GoogleMaps/Dwi Hendriono

Tempat wisata Wana wisata air terjun Tancak Kembar Andongsari yang terletak di desa Andongsari, kecamatan pakem sekitar 25 km arah barat dari kota Bondowoso. Untuk tinggi  dari tebing tempat wisata air terjun Tancak Kembar ini 77 m yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 mdpl. Pemanfaatan air terjun sampai sekarang ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi disini dapat menambah awet muda.

Lokasi tempat ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 ha. Berdasarkan legenda setempat berpendapat bahwa sisi kiri air terjun dijaga oleh lelaki dan bagian kanan ialah para wanita.  Hal ini diyakini bahwa bila  pengunjung cuci mukanya di air terjun, kulit mereka akan tetap selalu muda. 

2. Tempat Wisata Air Terjun Blawan, Bondowoso

Source: GoogleMaps/Bernard Baliadvisor

Tempat wisata Air terjun Blawan berada di desa Kalianyar, kecamatan Sempol, ± 52 Km dari pusat kota Bondowoso. Air terjun ini ialah hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia. Ada lagi selain tempat wisata air terjun blawan yaitu tempat wisata  pemandian air panas yang juga termasuk di wilayah air terjun blawan. Yang menarik dari tempat wisata air terjun Blawan ini yaitu muara alirannya yang langsung menuju ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika dan pada akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus Situbondo. 

3. Tempat Wisata Pemandangan Arak-Arak, Bondowoso

Source: GoogleMaps/Siska Wu

Tempat wisata ini berada di jalur antara Surabaya - Bondowoso, tepatnya di desa Sumber Canting kecamatan Wringin dengan ketinggian ± 345 mdpl. Para wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama  alam yang mempesona. Para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi umum. Kamu  yang melintasi jalur Surabaya - Bondowoso akan disuguhi satu pemandangan yang sangat menawan dengan udara yang segar dan nyaman.

4. Tempat Wisata Pemandian Air Panas dan Pemandian Damar Wulan

Tempat wisata Pemandian air panas dan pemandian Damar Wulan berada di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol dan berdekatan dengan air terjun Blawan dan pemandian air panas. Untuk mendatangi lokasi ketiga tempat wisata itu dari patulding kawah ijen kurang lebih 30 menit perjalanan. Selama di perjalanan kamu akan ditawarkan berbagai macam pemandangan alam dan perkebunan kopi dan teh yang cukup menarik serta sejuk dipandang mata, dan kamu akan menemukan pabrik kopi milik PTPN XI.

5. Tempat Wisata Kawah Wurung, Bondowoso

Source: GoogleMaps/Siti Nurlaela Hanifah

Tempat wisata Kawah Wurung ini berada di daerah Jampit kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso letaknya disebelah barat dari tetapi wisata kawah Ijen. Di sini selain kita dapat menikmati keindahan kawah Wurung itu sendiri, kita juga dapat menikmati keindahan sabana disekitar daerah itu. Untuk kamu yang suka fotografi atau  yang gemar foto-foto disinilah surganya karena disini ada banyak tempat yang menabjubkan.

Untuk akses jalan menuju lokasi kawah Wurung belum begitu bagus. Jalannya berbatu dan berpasir. Bahkan di beberapa tempat terdapat genangan air sehingga jalanan menjadi becek. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan kebun kopi yang sangat luas dan pemandangan pegunungan ijen.

6. Tempat Wisata Kawah Ijen, Bondowoso

Source: GoogleMaps/Ilham Muhammad

Untuk akses menuju Ijen ada 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Untuk wilayah jalur utara ini bisa dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Dari arah selatan bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 35km. selain itu, panjang pendakian ini sepanjang 3km yang bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan kemiringan 25-35 derajat. Untuk jalur pendakian cukup menanjak dan berpasir sehingga para pendaki harus berhati-hati ketika menuju Kawah Ijen.

Jalan menuju wilayah tempat wisatakawah ijen sendiri terbilang sangat baik karena jalan yang sudah di benahi pemerintah setempat, Untuk masalah Akomodasi, kamu  tidak direpotkan untuk membawa bekal karena di paltuding ada banyak warung yang menjual kebutuhan kamu  dalam pendakian ke kawah ijen, penginapan juga tersedia disana serta area perkemahan yang luas tersedia disana sehingga memudahkan kamu  untuk sejenak beristirahat menuju ke kawasan kawah ijen.

7. Tempat Wisata Gunung Raung, Bondowoso

Source: GoogleMaps/MWID Tube

Tempat wisata Gunung Raung berada di tiga wilayah kabupaten yaitu kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Tempat wisata Gunung yang  berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.332 mdpl dan memiliki kaldera dengan kedalaman 500 meter. Tempat wisata Gunung Raung merupakan gunung berapi yang masih aktif dan selalu mengeluarkan asap atau bahkan menyemburkan api sesekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1638. Tempat wisata Gunung Raung merupakan bagian dari komplek pegunungan Ijen dimana terdapat gunung Suket, gunung Pendil, gunung Rante, gunung Merapi dan Kawah Ijen. Keeksotisan tempat wisata gunung Raung ini terlihat dari Bali, tepatnya bila kita melihat di Pantai Lovina, Singaraja.

8. Tempat Wisata Pegunungan Hyang, Bondowoso

Tempat wisata Gunung Argopura dengan salah satu puncak tertinggi (3.008 mdpl) yang termasuk di dalam deretan pegunungan Hyang, yang berada di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Tempat wisata Pegunungan Hyang berada diantara dua gunung besar lainnya yang ada di Jawa Timur, yaitu gunung Raung disisi timur serta gunung Semeru di sisi barat. Tempat wisata  Pegunungan Hyang mempunyai kawasan hutan yang heterogen, terdiri dari hutan dipterokarp bukit, hutan Montane,  hutan dipterokarp atas, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Oleh Sebab sifat hutannya heterogen,maka kawasan ini juga menjadi tempat berlangsungnya hidup 10 famili jenis tumbuhan. Selain itu berdasarkan data inventarisasi BKSDA Jatim II pada tahun 2003, juga ditemukan tumbuhan obat. Wilayah hutan yang heterogen sudah tentu juga menjadi habitat berbagai  macam jenis satwa, yang meliputi jenis mammalia (rusa, kijang,  kucing hutan, babi hutan, , musang, lutung), danaves (sebanyak 46 jenis).


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim