Populernya Tempat Wisata Pontianak Ini Tidak Boleh Dilewatkan!

Seperti yang kita tahu, Pontianak adalah ibu kota dari provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Pontianak sendiri dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis ini. Di utara Kota Pontianak, yakni Siantan, ada Tugu Khatulistiwa sebagai penanda lintasannya. Nah, bila Anda ingin ke tempat wisata Pontianak, mari simak ulasan dan rekomendasi di bawah ini.

Source: GoogleMaps/Run Sport

Keunikan Pontianak Sebagai Tempat Berwisata

Jika kita menengok berbagai acara di Pontianak, ternyata ada beberapa alasan mengapa kota ini menyandang julukan unik, tak lain karena menyediakan peristiwa alam unik, banyaknya perkampungan yang menjual kopi hingga memiliki muara sungai terpanjang di Indonesia. Nah kira-kira tempat wisata apa saja sih yang ada di kota Pontianak?

Rekomendasi Tempat Wisata Pontianak Favorit Traveler

Tugu Khatulistiwa

Tak hanya ikon, Tugu Khatulistiwa yang berlokasi sekitar 3 km dari Pontianak ini sudah menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Selain tempat untuk menikmati arsitektur tugu, objek wisata ini juga menyediakan berbagai informasi seputar garis Khatulistiwa.

Masjid Jami Pontianak

Source: GoogleMaps/Heri Setiawan

Masjid yang satu ini memiliki nama lain, yakni Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Ya, wisata religi di Kalimantan barat ini menjadi salah satu masjid tertua di kota Pontianak. Berdiri megah di tepian Sungai Kapuas, Masjid Jami memiliki empat tingkat Atap yang bergaya pantung untuk menghindari banjir ketika sungai Kapuas meluap.

Aloe Vera Center

Source: GoogleMaps/Mulyadi Ardiansyah

Aloe Vera Center kini menjadi pusat budidaya tanaman lidah buaya yang kerap menjadi daya tarik kota Khatulistiwa. Disini, Anda akan menemui hamparan kebun lidah buaya, pun bisa mengintip proses pengolahan Aloe Vera menjadi berbagai produk seperti permen, dodol hingga produk kecantikan. 

Nah jika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa bawa berbagai produk olahan lidah buaya sebagai oleh-oleh khas dari Pontianak ya!

Lemukutan Island

Destinasi wisata kota Pontianak selanjutnya sangat direkomendasikan untuk pecinta snorkeling yang ingin menikmati keindahan panorama bawah lautnya. Dengan suasana yang masih alami, Pulau Lemukutan bisa jadi alternatif wisata pantai yang paling menarik.

Taman Alun - Alun Kapuas

Tak hanya Tugu Kapuas, Sungai Kapuas menjadi ikon kebanggaan kota Pontianak. Jadi, jika Anda berlibur ke kota ini, tidak lengkap bila belum mengunjungi Taman Alun - Alun Kapuas. Anda akan disuguhkan pemandangan yang cantik sembari santai sejenak bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Bila ingin berwisata kuliner, di sekitar taman juga tersedia berbagai jajanan khas Pontianak yang bisa kamu cicipi. Wow, sangat menarik bukan!

Danau Biru Singkawang

Jika sedang berwisata ke Pontianak, jangan lupa singgah ke Danau Biru yang berada di Singkawang. Dihiasi air danau yang jernih kebiruan pun dikelilingi perbukitan nan asri, panorama objek wisata ini sulit ditandingi. Siapa sangka bekas pertambangan emas ini kian menjadi tujuan para wisatawan di Pontianak.

Jembatan Kapuas

Salah satu objek wisata, sekedar untuk santai dan menikmati pemandangan adalah dengan mengunjungi Jembatan Kapuas. Saking indahnya, melakukan selfie di tepian sungai ber-latar belakang jembatan ini menjadi salah satu hal menyenangkan dan sederhana!

Pantai Pasir Panjang

Untuk Anda yang ingin berwisata alam, Pantai Pasir Panjang bisa jadi destinasi yang menyenangkan. Dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, pantai ini juga dikenal sebagai spot surfing paling favorit. Namun jika kamu kurang suka berselancar, menghabiskan waktu bersantai di tepian pantai pun jadi aktivitas menarik lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Pontianak favorit traveler. Semoga bermanfaat!


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim