Mengulik 3 Peranan Penting Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Pergeseran zaman dari konvensional menuju digital, membuat pemasaran pun bisa dilakukan secara online. Untuk itu, bidang satu ini memiliki peranan yang sangat penting di dalam bisnis atau usaha anda. Sehingga tak mengherankan banyak dibuka kursus digital marketing untuk mencetak generasi yang bisa melakukan pemasaran digital. Berikut simak pentingnya untuk bisnis anda.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 

Mengapa Pemasaran Digital Sangat Penting Untuk Usaha Anda?

1. Dapat Memiliki Target Pasar yang Luas

Salah satu fungsi marketing adalah untuk menjaring pangsa pasar yang lebih luas. Sehingga akan mampu untuk membidik calon konsumen yang baru. Sebab, banyaknya konsumen baru yang membeli barang atau jasa anda, tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

Untuk itu, dibutuhkan strategi marketing yang up to date. Sebab ketika anda menggunakan pemasaran secara digital, tentu saja akan menjangkau pasar yang lebih luas. Anda bisa memakai media sosial, website khusus untuk perusahaan bahkan hingga email marketing. Cara tersebut tentu saja akan membuat konsumen dari berbagai tempat bisa mengetahui tentang bisnis anda.

2. Mudah Terkoneksi Dengan Konsumen

Alasan mengapa kursus digital marketing sangat penting adalah agar perusahaan mampu terkoneksi dengan konsumen. Dengan adanya pemasaran digital, tentu saja akan membuat komunikasi dengan konsumen lebih mudah. Sebab, konsumen akan bisa dilayani dengan perusahaan lebih cepat.

Selain itu, konsumen juga bisa menyampaikan kritik, saran dan keluhan dengan mudah melalui media sosial. Dengan begitu, perusahaan pun akan bisa untuk memperbaiki kinerja yang buruk. Tak hanya itu saja, ketika bisnis anda mengeluarkan produk baru, maka konsumen dapat menjadi orang yang pertama tahu.

Hal ini dikarenakan dengan menggunakan pemasaran digital, perusahaan anda dapat melakukan promosi secara langsung dengan konsumen. Sehingga, meskipun konsumen tersebut berada jauh dari tempat perusahaan anda berasal, ia tetap akan mengetahui produk yang baru saja perusahaan anda luncurkan.

3. Mampu Menekan Biaya Pemasaran Secara Konvensional

Satu lagi keunggulan yang bisa anda dapatkan ketika kursus digital marketing adalah mampu memasarkan dengan lebih hemat. Hal ini dikarenakan pemasaran digital dinilai jauh lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran dengan menggunakan media konvensional. Jika sebelumnya, iklan di televisi dikenal sebagai yang paling efektif, sekarang pun mulai bergeser ke media digital.

Selain itu, media konvensional lain seperti iklan di koran maupun di reklame juga menjadi salah satu contoh promosi yang mengeluarkan dana yang banyak. Hal ini tentu saja berbeda ketika anda menggunakan media digital. Dengan memiliki Instagram misalnya, anda bisa memasarkan berbagai macam produk secara lebih luas dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Ketika menggunakan Instagram, mungkin anda hanya akan memperkerjakan seorang yang ahli di bidang digital marketing atau seorang media social specialist. Dengan begitu, anda pun telah bisa memasarkan produk dan banyak orang yang mengetahuinya. Cara satu ini dinilai lebih mudah dan efektif, terutama bagi perusahaan yang baru saja merintis.

Untuk perusahaan start up, pemasaran secara digital dapat menekan budget pengeluaran. Sebab, mereka tetap bisa memasarkan produk yang dimilikinya melalui media sosial. Mereka pun juga bisa membuat website khusus perusahaan yang memiliki harga jauh lebih rendah dibanding iklan di media konvensional.

Perkembangan jaman tentu saja akan menuntut pebisnis untuk merubah pola pikir, terutama dalam bidang pemasaran. Untuk itu, pemasaran secara digital saat ini dinilai sebagai salah satu media promosi yang paling efektif dan juga terjangkau. Selain itu, pemasaran jenis ini juga bisa menyasar target konsumen yang jauh lebih luas, bahkan hingga luar negeri. 

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim