Pantai Pasir Putih Situbondo Yang Indah dan Mempesona

Pantai yang indah ini bernama Pantai Pasir Putih yang terletak di kecamatan Bungatan, kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Dengan letak pantainya yang melengkung menghadap ke arah laut serta dilatar belakangi hutan yang rindang membentuk pemandangan yang sangat indah.

Pantai Pasir Putih Situbondo, merupakan salah satu dari sekian banyaknya tujuan pariwisata andalan Jawa Timur. Sebab, letaknya sangat stretegis sekali yaitu berada tepat di pinggir jalan utama Surabaya menuju ke Banyuwangi.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali dari arah kota Surabaya atau ingin menuju ke Bromo dari arah Bayuwangi, umumnya akan singgah kemari untuk sekedar beristirahat serta menikmati keindahan alam yang disuguhkan disini khususnya menikmati pemandangan matahari terbenam.

Di Pantai Pasir Putih ini, anda bisa melakukan berbagai macam olahraga air seperti menyelam, berenang ataupun berselancar. Jika anda tidak ingin berenang, anda juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya dengan cara menaiki perahu.

Source : GoogleMaps/Moch Muchsinin

Selain itu, disini juga sering menggelar acara hiburan seperti konser musik mapun lomba seperti lomba memancing, lomba selancar, maupun lomba perahu tradisional yang diselenggarakan oleh para penduduk setempat yang dapat membuat anda semakin betah berlama-lama disini.

Selain itu, para penduduk setempat juga sering melakukan upacara Petik Laut yang diadakan setiap bulan Oktober.  Upacara larung sesaji ini biasa dilakukan oleh para penduduk setempat untuk memohon berkah hasil laut yang melimpah pada Tuhan.

Dan umumnya, pada saat upacara ini dilakukan, disini juga diadakan pementasan musik “Gandrung” yang merupakan musik tradisional yang populer di daerah Banyuwangi dan sekitarnya.

Untuk bisa menuju ke Pantai Pasir Putih tidaklah terlalu sulit, karena letaknya tepat di pinggir jalan utama Surabaya ke Bayuwangi. Tempat wisata ini berjarak sekitar 174 kiloketer dari arah Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan dengan menggunakan angkutan umum dari terminal Bungurasih, Surabaya.

Jika dari arah Situbondo, Pantai Pasir Putih memiliki jarak sekitar 21 kilometer satau sekitar 1/2 jam perjalanan dari kota Situbondo. Dari Situbondo, untuk menuju kemari anda bisa menggunakan jasa angkutan umum dengan harga tiket senilai Rp 5.000.

Source : GoogleMaps/Hamkasalam A

Selain fasilitas seperti pelampung untuk berenang, disini juga terdapat fasilitas seperti tempat ibadah, tempat untuk beristirahat, kamar mandi serta warung-warung yang menjajakan aneka macam makanan dan minuman.

Di sini juga terdapat banyak kios yang menjual beranekag ragam cendera mata seperti replika perahu maupun aksesoris dari kerang.

Bagi anda yang berkunjung ke Pantai Pasir Putih bersama dengan keluarga maupun teman, disini juga tersedia tempat penginapan seperti losmen, motel maupun hotel. Namun jika anda suka dengan suasana alami dan lebih memilih mendirikan tenda, disini juga disediakan tempat khusus untuk berkemah.

Di sekitar bibir pantainya, anda dapat melihat berderet-deret perahu layar yang berwarna warni. untuk menyewa perahu layar tersebut anda akan dikenakan tarif senilai Rp 50.000. Selain perahu layar disini juga terdapat fasilitas persewaan kano dengan biaya sewa Rp 20.000.

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang disuguhkan di Pantai Pasir Putih Situbondo, anda cukup membayar tiket masuk senilai Rp 10.000. Untuk biaya sewa pelampung bagi anak-anak anda yang ingin berenang, anda cukup membayar senilai Rp 5.000 saja.


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim