Mengenal Wisata Kuliner Semarang Murah Meriah

Wisata Kuliner Semarang merupakan salah satu alternative untuk menikmati eksotisme kota sebagai salah satu destinasi wisata nusantara yang ada di Jawa Tengah. Ada berbagai pilihan kuliner yang bisa dinikmati oleh para wisatawan baik domestik atau internasional. Sebagian besar makanan yang ada di Semarang merupakan akulturasi dari penduduk bangsa China yang pernah melakukan proses perdagangan di Indonesia, dan juga banyak menetap di Semarang, khususnya.

Apabila menyebut Semarang, maka kuliner yang sangat identik dengan kota ini adalah lumpia. Makanan sejenis spring roll dengan isian rebung dan kombinasi lainnya. Padahal ada banyak sekali sajian yang bisa dinikmati sebagai Wisata Kuliner Semarang. Berikut beberapa sajian yang bisa dinikmati ketika anda di Semarang :

1. Tahu Gimbal

Google Maps/Ali Arifin Channel

Tahu gimbal adalah makanan yang cukup popular di Semarang. Secara garis besar, bentuk dari tahu gimbal adalah seperti gado-gado. Tahu gimbal sendiri terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, tauge, telur ceplok, potongan kol mentah dan gimbal, yakni sejenis peyek udang yang digoreng renyah, kemudian disiram saus kacang & kecap manis. Untuk Tahu gimbal ini bisa anda temui di sekitar kawasan taman KB, di Jalan Mentri Supeno Semarang.

2. Kue Lekker Paimo

Google Maps/David Chandrawinata

Kue Lekker adalah versi setempat untuk jajanan serupa Crepes sebagaimana yang ada di mall-mall atau pusat perbelanjaan. Untuk jajanan satu ini, sebenarnya ada di berbagai SD di sebagian wilayah Semarang. Namun yang paling happening di Semarang ini adalah Lekker Paimo yang telah ada sejak tahun 1978. Lekker Paimo ini ada di kaki lima depan SMA Kolose Loyola, Jalan Karanganyar Semarang. Tidak terlalu jauh dari Rumah Sakit Telogorejo, Semarang. Yang membuat lekker ini istimewa adalah saus pedas homemade yang ada di menunya. Apabila anda ingin ke Lekker Paimo ini baiknya datang pada saat siang sd. Sore hari.

3. Bakmie Jowo

Satu lagi makanan hasil akulturasi bangsa china di tanah Jawa, yakni bakmie Jowo. Bakmie Jowo merupakan mie rebus berbumbu yang dimasak dengan menggunakan arang. Untuk mie nya sendiri sebenarnya adalah mie telur biasa yang direbus bersamaan dengan bihun (optional) dan beberapa jenis sayuran, dan beberapa potongan bakwan, serta untuk penyajiannya akan ditaburi suwiran ayam. Biasanya ayam yang dipergunakan adalah ayam kampong. Dan untuk Mie godok tradisional yang bisa anda nikmati adalah Mie Godok Doelmani yang ada di depan Mall Paragon di jalan Pemuda Semarang. Atau anda juga dapat menikmati Bakmi Jowo Pak Gareng di Jl. Wot Gandul Dalam no. 173, Semarang.

4. Mie Kopyok

Sebenarnya mie kopyok adalah salah satu menu sarapan masyarakat Semarang selain soto. Namun tak jarang pula masyarakat menjadikan menu ini sebagai menu makan siang atau bahkan sekedar menu camilan. Mie ini cukup unik. Adapun menu ini terdiri dari mie kuning yang dicampur tauge dan kerupuk yang terbuat dari beras atau disebut gendar. LAlu ditambahkan juga kuah berupa air bawang putih, ditaburi daun seledri serta bawang goreng lalu diberi kecap manis. Untuk menikmati Mie kopyok ini anda bisa mendatangi salah satu penjual yang terkenal, yaitu Mie Kopyok Pak Dhuwur yang terletak di Jalan Tanjung, di belakang kantor PLN. Untuk harganya pun sangat terjangkau.

5. Nasi Kucingan

Apabila kota Jogja memiliki angkringan, kota Solo dengan Hik-nya, maka Semarang juga memiliki tempat serupa. Di kota Semarang sangat banyak kita temui lapak atau gerobak dengan menu nasi kucing dan berbagai jenis lauk pauknya. Untuk di Semarang sendiri, tempat yang paling banyak adalah di sepanjang jalan deretan Telkom, yang ada di Jalan Pahlawan. Namun ada satu tempat warung kucingan yang sangat terkenal di Semarang, yakni Nasi Kucing Pak Gik yang ada di Jalan Gajahmada, Semarang.

Yang paling menarik dari warung ini adalah waktu berjualannya yang dimulai pada malam hari hingga pagi hari. Jadi, sangat tepat bagi anda yang suka menikmati Wisata Kuliner Semarang dan berkeliling pada malam hari.


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim