Makanan yang Wajib Dicicipi Saat Wisata Kuliner di Makassar

Makassar bukan sekedar kaya dapat peninggalan histori kerajaan gowa serta pulau-pulau tidak berpenghuni. Kota ini juga sarat dengan suguhan kuliner yang harus dicicipi. Sekurang-kurangnya ada 6 makanan khas makassar yang perlu anda santap saat meuangkan waktu untuk  Wisata Kuliner di Makassar. Penasaran ?

1. Es Pisang Ijo

Google Maps/Rafa Dafi

Awalannya Es Pisang Ijo yaitu makanan khas warga makassar waktu bln ramadhan. Tetapi, saat ini es pisang ijo dapat kita jumpai setiap saat. Kudapan ini terdiri dari pisang yang diracik dengan es serut, sirup cocopandan serta susu kental manis. Tidak ketinggalan bubur sumsum yang lembut dapat menambah kelezatan Es Pisang Ijo. Kota Makassar yang condong panas bikin Es Pisang Ijo semakin disukai. Menyantapnya waktu siang hari yang terik bikin kerongkongan anda jadi lebih “sejuk”. Makanan yang menggoda lidah ini dapat anda dapatkan, di antaranya, di warung bravo yang terdapat di jalur andalas, Makassar.

2. Pallubasa

Pallubasa yaitu makanan tradisional Makassar yang terbuat dari jeroan sapi atau kerbau. Sekilas, presentasi pallubasa dengan coto makassar agak serupa tetapi sistem memasaknya amat tidak sama. Jeroan untuk pallubasa direbus kurun waktu yang lama, sesudah masak, jeroan serta dagingnya diiris serta dihidangkan dalam mangkok. Sebagian area yang menyajikan pallubasa di yaitu warung Pallubasa H. Haeruddin atau yang seringkali dikenal dengan pallubasa serigala.

3. Konro Bakar Karebosi

Belum lengkap ke Makassar bila belum mencicipi konro bakar. Konro Bakar yang sangat popular di kota ini yaitu tempat tinggal makan sop konro karebosi yang ada di jalur gunung lompobattang. Porsi sekali makan konro bakar di tempat tinggal makan ini tergolong cukup besar. Dengan pilihan iga sapi yang tidak sembarangan, rasa konro bakar amatlah lezat. Demikian daging sapi-nya ini anda gigit, maka saat itu dagingnya lepas dari tulang. Terasa amat lunak dengan bumbu yang meresap sampai sisi yang sangat dalam.

4. Mie Titi

Makassar bukan sekedar kaya makanan tradisional yang turun temurun sejak lampau. Mie titi yaitu masakan tionghoa yang yang amat tersohor di kota ini. Di antara kedai mie titi yang kerapkali jadi jujugan beberapa penggemar kuliner yaitu yang ada di jalur boulevard. Mie yang presentasinya sejenis dengan ifumi ini di sajikan dengan kuah kental serta irisan udang, hati, ayam, jamur, bakso, cumi serta bermacam sayuran. Perbedaannya dengan ifumi yaitu kerna mie titi lebih tidak tebal volume mie-nya. Lantas, ke makassar janganlah lupa mencicipi mie titi ya.

5. Coto Makassar

Mungkin inilah makanan sangat populer di Makassar. Coto yaitu masakan tradisional yang terbuat dari jeroan daging sapi. Jeroan yang dipakai umumnya layaknya babat, lidah, ati dan seterusnya. Jeroan ini bercampur dengan daging sapi yang lantas diiris serta dibumbui dengan racikan yang spesial dipergunakan untuk memasak Coto. Kedai coto yang amat populer di makassar yaitu coto nusantara yang ada di jalur Nusantara tidak jauh dari Benteng Fort Rotterdam.

6. Pisang Epe

Pisang Epe yaitu menu harus yang perlu anda cobalah waktu bersantai di pantai losari. Di lokasi ini sangat banyak penjual Pisang Epe yang mangkal sejak jam 4 sore sampai jam 12 malam. Dalam bahasa makassar, “Epe” bermakna “jepit”, lantas pisang epe yaitu pisang bakar yang dijepit sampai gepeng. Sesudah masak, pisang yang sudah dibakar serta dijepit ini disiram dengan saus yang memiliki bahan basic gula merah. Lezatnya pisang epe plus keindahan pantai losari yaitu paket wisata yang tidak bisa anda terlewat waktu berlibur ke Makassar.

Demikianlah tadi informasi seputar Wisata Kuliner di Makassar yang tak boleh anda lewatkan saat beribur ke kota Makasar. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, happy travelling !!


Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim