Wisata Alam di Pulau Belitung, Negrinya Laskar Pelangi

Wisata Belitung – Haloooo! Seiring boomingnya novel sekaligus film Laskar Pelangi beberapa tahun silam yang kini masih membekas dengan cerita mendidiknya, secara tidak langsung juga mendongkrak popularitas Pulau Belitung sebagai destinasi wisata. Tak hanya wisatawan lokal, mancanegara pun tidak sedikit yang penasaran dan mengunjunginya.

Setelah menonton film Laskar Pelangi, Salah satu tempat yang menjadi sorotan adalah bangunan SD tempat Lintang dan kawan-kawan sekolah, nama SD yang berdiri di bukit pasir putih yang menenangkan hati itu adalah SD Muhammadiyah Gantung atau oleh masyarakat sering disebut Gantong. Sekarang bangunan asli SD tersebut sudah tidak ada lagi karena sudah direnovasi pemerintah daerah menjadi bangunan semi modern.

Bisa juga singgah di Museum Kata Andrea Hirata, lokasinya di desa Lenggang, gantung Belitung Timur. Berbagai dokumentasi karya Laskra Pelangi dan karya sastra lainnya bisa kamu temukan di sana.

Oh iya, selain kedua bangunan fenomenal tersebut, tempat wisata alam di Belitung juga tak boleh dilupakan. Ini dia daftarnya untuk kamu!

Wisata Alam di Pulau Belitung yang Menarik Dikunjungi

1. Pantai Tanjung Tinggi
Source : IG @angga_firdaus

Hamparan pasir putih, Air laut tenang nan jernih, angin sepoi-sepoi, dan bebatuan granit mulai dari berukuran kecil hingga besar membuat pemandangan begitu sempurna di Pantai Tanjung Tinggi. Terlebih saat sunset, keindahannya sungguh nikmat. Tokoh-tokoh dalam film Laskar Pelangi sering berlarian, bermain seru di pantai ini.

Aktivitas menyenangkan seperti berjemur, bereneng, menyelam, memancing, dan menyewa jetski ataupun perahu karet bisa kamu lakukan di pantai eksotis ini.

2. Pulau Lengkuas
Source : IG @vins_ric___angle

Tidak ada salahnya juga menengok Pulau Lengkuas di sebelah utara Pulau Belitung. Kegiatan seru di Pulau Lengkuas adalah snorkeling dan menjajal hamparan batu granit yang eksotis, serta menikmati panorama di sekitar pulau dari atas mercusuar tinggi yang me-legend.

Mercusuar setinggi 50 meter tersebut telah dibangun sejak zaman Belanda tepatnya di tahun 1882. Sangat tua, kan? Walau begitu mercusuarnya masih aktif sampai sekarang.

3. Pantai Tanjung Kelayang
Source : IG @soulreborn_adventure

Wisata alam di Pulau Belitung satu ini juga sudah terkenal luas. Yang membuat tempat ini mudah diingat dan dikenali adalah view batu granitnya yang memiliki formasi seperti kepala burung.

Bentangan birunya laut juga pasir putihnya jelas menambah keindahan pantai ini
Pantai ini sering dijadikan tempat kapal-kapal ditepikan untuk menunggu datangnya wisatawan yang ingin menyebarang ke pulau lain.

4. Danau Kaolin
Source : IG @angeliahalim

Goresan alat berat tambang ternyata bisa menghasilkan lukisan alam yang sungguh “aduhai”. Dan danau Kaolin di Belitung adalah bukti nyatanya. Keindahannya terdiri dari perpaduan air danau berwarna biru dan kaolin putih.

Itulah ulasan singkat wisata alam di Pulau Belitung, negrinya laskar pelangi. Segera tandai tanggal keberangakatan mu!

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim