Wisata Air Terjun di Jombang yang Pas untuk Bersantai

Source : IG @deka_storm
Wisata Jombang – Hi sobat traveler! Kali ini nih yang akan di share adalah Wisata di Jombang, di Jombang ada suguhan wisata alam menarik nih dari salah satu Kabupaten di Jawa Timur, yaitu wisata air terjun di Jombang yang pas untuk liburan mu.

Keindahan air terjun sulit tertandingi oleh wisata air lainnya, terutama kesejukan dan kesegarannya. Soalnya alirannya berasal dari sumber alami. Jadi, walau terkadang letaknya di tengah hutan sekalipun selalu ada saja orang yang pengen banget menujunya. Berikut wisata air terjun di Jombang yang pas untuk bersantai dan ngadem.

1. Air Terjun Tretes

Okay! jelajah wisata air terjun di Jombang yang pertama kita awali dari air terjun tertinggi se-Jawa Timur yaitu air terjun Tretes di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Dan termasuk dalam kawasan Tahura Raden Soeryo di Gunung Jurug dalam komplek Gunung Anjasmoro 2277 mdpl.

Air terjun Tretes memiliki ketinggian mencapai 158 meter dan berada di dataran tinggi 1250 Mdpl. Jadi, suasana alamnya benar-benar eksotis dengan suhu dingin khas pegunungan. Keunikan lain dari air terjun yang berhulu Sungai Sumber Watu Bonakah ini adalah aliran air terjunnya ternyata ada dua, yang mana sbelah kanan debit airnya lebih deras. Ambil foto sebanyak-banyaknya yah!

Tiket masuk : Rp5.000,-
Parkir : Rp5.000,-

2. Air Terjun Selolapis
Source : IG @maestro_desain

Lokasinya di Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam. Kabupaten Jombang. Air terjun elok ini berasal dari aliran sungai hulu pada lereng gunung Anjasmoro. Wisata alam ini benar-benar masih alami. Pemandangan bukit dan lembah dengan tutupan vegetasi hutan yang lebat memberikan kesan “back to nature” yang sangat kental.

Dari tempat parkir lokasi air terjun berjarak -+ 750 meter. Jalanan menurun sangat tajam, namun sudah dibentuk tanah berundak dengan pegangan bambu yang memanjang. Mendekati air terjun, kelemababan kian terasa. Percikan air terjun yang mengembun membasahi dedaunan dan ranting pohon di dekatnya. Lebih mendekat lagi, maka panorama Coban Selolapis yang luar biasa indah akan kamu jumpai.

Untuk memasuki lokasi wisata, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp10.000,-

3. Air Terjun Sekar Pudak Sari

Wisata air terjun di Jombang yang keren memang banyak, dan air terjun Sekar Pudak Sari termasuk di dalamnya. Objek wisata alam ini masih terbilang baru sehingga segala sesuatu yang ada di sana masih sangat alami. Traveler yang hobi hiking, ini akan menjadi pengalaman seru untuk mencapai lokasi air terjun yang masih berada di dalam hutan.

Air Terjun Sekar Pudak Sari oleh warga sekitar artinya “bunga yang harum”. Untuk menikmmatinya kamu bisa mandi langsung di bawah guyurannya atau hanya sekedar merendam kaki ditepiannya.

Itulah rekomendasi wisata air terjun di Jombang yang pas untuk bersantai. Mana yang paling menarik perhatianmu?

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim