Wisata Edukasi? Jangan Lupa Ke Museum Geologi Bandung!

Jika kalian berencana liburan di kota Bandung, namun ingin mengunjungi tempat wisata yang berbeda, maka list yang harus dimasukkan adalah Museum Geologi Bandung. Tempat wisata kali ini, Anda akan disuguhkan banyak pengetahuan dari koleksi-koleksi tersebut. Mulai dari proses pembentukan bumi hingga hubungan geologi dengan kehidupan manusia.

Nah untuk memantapkan berlibur ke wisata ini, simak dulu beberapa informasi yang terangkum dalam artikel ini.

Sejarah Singkat Museum Geologi Bandung

Museum yang berlokasi di Bandung ini berdiri pada tahun 16 Mei 1928 dengan nama Geologisch Laboratorium yang juga dikenal dengan Geologisch Museum. Setahun kemudian, museum ini resmi dibuka bersamaan diselenggarakannya Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik pada tahun 18-24 Mei 1929 silam. 

Souce : GoogleMaps/Dian Ika N.


Gedung ini sebenarnya hasil kerja dari Dienst van den Mijnbouw. Pada saat itu, gedung ini digunakan sebagai perkantoran yang didukung dengan laboratorium geologi dan museum untuk menyimpan sekaligus menunjukkan kepada masyarakat yaitu hasil survey geologi.

Di masa penjajahan Jepang, Dienst van den Mijnbouw diganti namanya menjadi Kogyo Jimusho. Sampai dengan 1 tahun kemudian, namanya pun kembali diganti menjadi Chisitsu Chosacho. Selain itu, Museum Geologi pun menjadi bagian dari Laboratorium Kimia dan Paleontologi. 

Akhirnya di tahun 2013 hingga sekarang, Museum Geologi ini berada di bawah pengawasan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Fasilitas Museum Geologi Sebagai Wisata Edukasi

Masjid

Dok: museum.geology.esdm.go.id

Museum ini menyediakan masjid yang berada di sekitar Museum Geologi. Tak perlu khawatir, masjid ini memiliki banyak daya tampung, kurang lebih mencapai 700 orang.

Ruang Edukasi

Museum Geologi, menyediakan pula ruang edukasi yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Kegiatan yang dilakukan dalam ruangan ini adalah diskusi dan berpidato. Kapasitas ruang edukasi sebanyak + 40 orang. Namun ingat! Untuk menggunakan ruang edukasi, tentu harus ada pemberitahuan sebelumnya.
Baca Juga: Tempat Wisata di Bandung yang Hits untuk Liburan

Poliklinik

Fasilitas lain yang dimiliki Museum Geologi adalah poliklinik. Anda tak perlu khawatir bila sedang sakit, karena fasilitas ini dikhususkan kepada pengunjung museum secara gratis. Fasilitas poliklinik hanya tersedia di hari Senin s/d Kamis pukul 09.00 s/d 14.00. Adapun tenaga yang tersedia adalah seorang dokter umum dan paramedis. Luar biasa bukan?

Ruang Sejarah Kehidupan

Ruangan ini terletak di sayap Timur, lalu di dalamnya ada 4 sudut peraga yakni Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum, Kenozoikum yang terdiri dari Zaman Kuarter dan Zaman Tersier. Tak hanya itu, ada pula 1 sudut dunia fosil untuk memahami informasi yang diberikan, termasuk terbentuknya kota Bandung hingga peninggalan artefak dan fauna yang hidup di kota ini.

Ruang Geologi Indonesia

Ruangan ini berada di sebelah barat. Pada ruang ini, akan diinformasikan mengenai asal mula bumi, batuan, mineral, struktur, pergerakan kerak bumi, pelapukan dan erosi, batuan dan mineral, gunung api dan kars, hingga geologi pulau-pulau di Indonesia. Ruangan ini juga dilengkapi dengan video interaktif.

Ruang Bencana Geologi

Ruangan ini berada di lantai 2 bagian barat. Di dalamnya disajikan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman ke zaman, mulai dari zaman prasejarah, zaman sejarah hingga zaman modern. Tak hanya itu, tersedia pula informasi mengenai bencana geologi seperti Gunung Api, Tanah Longsor, Gempa Bumi dan Tsunami.

Demikian informasi ringkas seputar Museum Geologi Bandung. Sudah saatnya kita mulai kembali berwisata ke museum sebagai salah satu bentuk aktivitas menyenangkan dan juga edukatif. Semoga bermanfaat!

Komentar

Sudah Baca Bro/Sis ? Beri Komentar dong Sekarang :D

Archive

Formulir Kontak

Kirim